RSS
Write some words about you and your blog here

Macam2 Penyebab Kesemutan dan Cara Mengatasinya:

  • Penyebab kesemutan bisa timbul karena aktivitas yang terlalu tegang dan dalam waktu lama. Seperti misalnya anda duduk dengan menyilangkan kaki. Kesemutan bisa terjadi pada kaki anda. Atau ketika anda terlalu lama mengetik dan menulis non stop tanpa istirahat sejenak, kesemutan bisa terjadi pada tangan anda. Kesemutan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, yang paling sering adalah kaki dan tangan. Jika kesemutan tersebut yang anda sering rasakan, mudah saja. Lakukan istirahat atau rileksasikan tangan dan kaki anda sejenak sehingga peredaran darah tetap lancar dan tidak menumpuk pada satu tekanan saja. Hal ini juga bisa merenggangkan otot dan saraf lainnya sehingga anda tidak mudah lelah dalam beraktivitas.
  • Kesemutan yang terjadi diiringi gejala lain seperti dikatakan sebelumnya perlu anda perhatikan. Kesemutan bisa saja menjadi awal gejala penyakit anda atau sebaliknya, karena penyakit yang anda derita, anda kesemutan. Jika kesemutan diiringi dengan rasa haus, seringnya intensitas buang air kecil, berat badan turun walau banyak makan, nyeri seperti ditusuk-tusuk pada telapak kaki, segera periksakan. Bisa jadi ini adalah gejala lain komplikasi diabetes mellitus atau penyakit kencing manis. Cara mengatasi kesemutan ini adalah segera lakukan pemeriksaan dan kontrol gula darah anda.
  • Jika anda adalah seorang pengemudi, mungkin anda sering merasakan kesemutan di telapak kaki anda. Memang paling sering dirasakan para pengemudi yang berusi 25 hingga usia lanjut. Walau pun ini biasa terjadi, namun cukup mengganggu anda karena kemungkinan anda bisa hilang konsentrasi dan cepat lelah. Cara mengatasi kesemutan jenis ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Makan makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks, seperti sayuran hijau. Lakukan olahraga secara teratur dan hindari konsumsi alkohol karena alkohol tidak bersahabat dengan vitamin B.
  • Untuk penderita penyakit jantung, kesemutan bisa terjadi karena ada darah yang membeku dan menempel sehingga terbawa aliran darah ke otak. Jika bekuan darah tersebut menyerang daerah sistem saraf sensorik, maka akan terjadi kesemutan pada beberapa bagian tubuh atau sebelah. Namun jika yang terserang adalah daerah sistem motorik, maka cenderung akan terjadi kelumpuhan.

Untuk itu, kesemutan merupakan gejala ringan yang mudah hilang hanya dengan memijat bagian tertentu agar peredaran arah kembali lancar. Namun jika tidak diperhatikan, kesemutan bisa jadi berbahaya bagi tubuh anda sendiri. Melakukan pola hidup sehat adalalah cara mengatasi kesemutan yang paling mudah. Perbanyak konsumsi vitamin B kompleks karena berfungsi untuk metabolisme tubuh yang memelihara fungsi saraf.

0 komentar:

Posting Komentar